(0271) 636279Call for Information Update

Berita

KLARIFIKASI MANAGEMEN TERKAIT PATUNG GAJAH DI JURUG SOLO ZOO YANG VIRAL DI MEDSOS

Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Surakarta akhir-akhir ini menjadi perbicangan netizen di media sosial. Hal ini dikarenakan adanya patung gajah yang dicat menyerupai warna zebra.

Dalam postingan yang beredar, terlihat foto patung gajah yang dicat warna hitam putih. Netizen berpendapat bahwa warna itu kurang tepat.Hal ini dianggap bisa membuat kebingungan pada anak saat melihat dan membuat anak kesulitan mengenal satwa.

Menanggapi viralnya postingan di Medsos, Direktur TSTJ Bimo Wahyu Nugroho memberikan pernyataan bahwa patung bercat seperti warna zebra tersebut sudah ada di Jurug SOlo Zoo sekitar 1 tahun. Hal ini merupakan bentuk kreatifitas dan bertujuan untuk menarik perhatian pengunjung Jurug Solo Zoo.

Warna patung tersebut pun terbukti berhasil menarik perhatian pengunjung. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung Jurug Solo Zoo yang menyempatkan berselfie atau berswafoto di depan patung gajah tersebut.

Terkait masalah kerancuan pada anak yang melihat, Bimo Wahyu Widodo menyatakan bahwa orangtua bisa memberikan pemahaman kepada anaknya. Tidak jauh dari patung gajah tersebut ada kandang gajah dan di sana orangtua bisa menjelaskan kepada anak warna dan bentuk asli gajah.

Selain itu, disamping gajah juga ada museum yang berisi gajah yang telah diawetkan dengan ukuran dan warna asli.Semua itu bisa menjadi edukasi untuk anak.

Untuk keputusan pergantian warna atau tidak, Bimo Wahyu Widodo menyatakan belum ada keputusan untuk mengganti. Bimo menambahkan bahwa di dunia pariwisata kreatifitas itu biasa, di kebun binatang lain ada juga gajah yang dicat warna-warni dan itu boleh-boleh saja.

Back to Top