(0271) 636279Call for Information Update

Berita

RUSA BAWEAN LENGKAPI KOLEKSI SATWA JURUG SOLO ZOO DI AWAL TAHUN 2020

Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Surakarta atau yang kerap disebut Jurug Solo Zoo memiliki koleksi satwa baru yaitu Rusa Bawean. Hewan yang memiliki nama latin Axis kuhlii tersebut baru saja datang dari Jawa Timur. 8 Ekor Rusa Bawean tersebut merupakan pindahan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

Rusa Bawean memiliki karakteristik yang unik. Warna kulitnya cokelat mirip dengan Rusa Timor. Namun, tingkahlaku dan ukurannya mirip dengan kijang. Rusa Bawean termasuk hewan yang lincah.

Dokter Hewan di Jurug Solo Zoo, drh Debby mengungkapkan bahwa Rusa Bawean termasuk hewan yang dilindungi serta terancam punah. Oleh sebab itu, keberadaanya di lembaga korservasi TSTJ diharapkan bisa menyelamatkan populasi yang masih ada. Debby berharap semoga Rusa Bawean yang ada di Jurug Solo Zoo bisa berkembangbiak dengan baik.

Kedatangan Rusa Bawean menambah koleksi satwa keluarga kuku belah yang ada di Jurug Solo Zoo. Hal ini diharapkan bisa menambah wawasan kepada pengunjung tentang satwa, terlebih satwa asli dari Indonesia.

Dalam sambutannya saat apel pagi pada Jumat (24/1/2020), Direktur TSTJ Bimo Wahyu Widodo mengungkapkan bahwa ini adalah kegiatan pertukaran satwa pertama di tahun 2020 dan kedepannya selama tahun 2020 masih akan ada lagi pertukaran satwa lainnya.

Back to Top