Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10
SOLOZOO- DirekturTSTJ (kanan) didampingi Ketua FKKBA (kiri) saat wawancara dengan wartawan di Purbasari Pancuranmas

Posted by : admin

FKKBA Ajak Masyarakat Ikut Program Aid For Animal dan Berwisata ke Kebun Binatang

Situasi  Pandemi    Covid-19    yang    berkepanjangan  mengakibatkan  sejumlah    kebun  binatang dan destinasi wisata (dengan  beberapa  kebijakan  aturan  PSBB / PPKM) terpaksa  tutup - dan jika  buka pun minim pengunjung.  Hal ini menimbulkan kesulitan bagi pengelola untuk    memenuhi  biaya    operasional    seperti    biaya  pakan  satwa  dan pengelolaan  sumber daya manusia, termasuk Taman Satwa Taru Jurug Surakarta yang merupakan anggota dari Forum Kerjasama Kebun Binatang dan Aquaria Jawa Tengah dan DIY (FKKBA).

Menilik keadaan tersebut, FKKBA melakukan pertemuan di Serulingmas Banjarnegara Sabtu, 16 Oktober 2021.FKKBA sebagai  wadah  kerja  sama  Kebun  Binatang
dan Aquaria se-Jateng & DIY selanjutnya menginisiasi dan berupaya menggalang partisipasi masyarakat untuk membantu pelestarian satwa dan membangkitkan kembali dunia pariwisata.

Ada 9 rekomendasi yang diinisiasi oleh FKKBA, 2 diantaranya adalah FKKBA mengajak seluruh masyarakat agar antusias untuk berwisata ke Kebun Binatang  dan  Destinasi  wisata,  terutama  ke  destinasi  yang  telah  memiliki  sertifikat
CHSE  Kemenpar.  Hal  ini  diikuti  dengan  penerapan  disiplin  protokol  kesehatan  yang wajib ditaati pengelola dan wisatawan selama berwisata.

Dan dengan program Aid For Animal, FKKBA  menginisiasi  penggalangan dana  dari seluruh elemen masyarakat melalui rekening BRI No.20340-1000-309302 A.n. Forum Kerjasama Kebun Binatang & Aquaria Jateng-DIY. Hasil penggalangan dana ini akan didistribusikan  kepada  kebun  binatang  dan  penangkaran  satwa  di  lingkup  FKKBA yang  memerlukan.  Laporan  pertanggung  jawaban  atas  dana  ini  nantinya  juga  akan dipublikasikan kepada masyarakat.

Selain itu, 7 rekomendasi lainnya adalah sebagai berikut :

1. FKKBA mendorong para sponsor untuk menggiatkan kerja sama bisnis jangka panjang dengan kebun binatang dan destinasi wisata anggota FKKBA.
2.  Melalui program “Aid For Animal” FKKBA membuka peluang seluas-luasnya  bagi perusahaan  yang  hendak melaksanakan  CSR  (Corporate  Social  Responsibility)  untuk bekerja sama dalam bentuk bantuan untuk satwa di lembaga anggota FKKBA.  
3. Sasaran  penerima  bantuan  dana  adalah  lembaga  anggota  yang  dikelola  oleh  BUMD dan Swasta yang dinilai memerlukan bantuan.
4. FKKBA juga menerima donasi bahan pakan satwa baik berupa sayuran, buah-buahan, ikan  maupun  daging  baik  yang  berkualitas  prima  maupun  yang  tidak  layak  jual namun  layak  dikonsumsi  satwa  dari  para  pedagang  sayur,  petani,  peternak  maupun masyarakat pada umumnya.
5. FKKBA mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi diberikannya keringanan pajak daerah oleh Pemerintah daerah, dinas dan instansi terkait kepada destinasi wisata.
8.  FKKBA  mendorong  lembaga  anggota  untuk  gencar  mempromosikan  daya  tarik  dan paket  wisata  yang  kreatif  dan  menarik  agar  dapat  menarik  minat  wisatawan  untuk berkunjung.
9.  FKKBA  berharap  kepada  pemerintah  untuk  dapat  melonggarkan  jumlah  kunjungan dan  kelonggaran  batasan  usia  anak-anak  ke  kebun  binatang  dan  destinasi  wisata yang telah mengantongi sertifikat CHSE dan/atau menggunakan aplikasi Peduli Lindungi serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Meski dalam  keterbatasan FKKBA beserta seluruh lembaga dan satwa di dalamnya dalam keadaan baik-
baik saja, FKKBA pun siap bekerja sama dengan pemerintah beserta semua elemen  stakeholder untuk dapat terus menjaga iklim kepariwisataan dan pelestarian satwa yang maju dan berkembang.

 

CS