(0271) 636279Call for Information Update

Buaya Muara

Buaya Muara (Crocodylus porosus)

Informasi umum :

Dimensi satwa :

Dalam pertumbuhanya buaya bisa mencapai lebih dari 6,1 meter.  Panjang dan berat sampai  1 ton. Panjang untuk jantan dewasa 4 – 5 meter, dan yang betina dewasa mencapai 3 – 3,5 meter. 

Jenis Makanan :

Buaya Muara merupakan binatang karnivora atau pemakan daging, buaya muda makanan utamanya kepiting dan ikan kecil.  Pada Buaya Muara yang dewasa makanannya jenis mamalia besar, bahkan kadang-kadang juga memakan manusia.

Cara Reproduksi

Buaya reproduksi dengan ovovivivar. Induk buaya betina umumnya menyimpan telur-telurnya (40 – 70 telur), dengan dibenamkan di bawah gundukan tanah, atau pasir bercampur dengan dedaunan  + 70 – 80 hari.  Telur biasanya menetas setelah 80 hingga 90 hari, tapi bervariasi pada berbagai tingkat suhu.

Habitat :

Buaya Muara hidup di daerah muara sungai.  Spesies ini umum ditemukan di Indonesia, Papua Nugini dan di garis pantai utara Australia. Penyebaran terjauh spesies ini di sungai besar di negara-negara Asia Tenggara.

Keunikan :

Spesies pertama buaya muncul 240 juta tahun yang lalu, dan dikatakan berevolusi dari dinosaurus dengan tidak banyak perubahan secara fisik selain ukuran yang mengecil.

Agar bisa menyelam lebih dalam di air, buaya menelan batu-batu kecil agar tubuhnya menjadi lebih berat.

Suhu inkubasi menentukan jenis kelamin dari telur buaya yang ditetaskan,pada suhu sangat tinggi atau suhu rendah akan memproduksi buaya betina, dan suhu dari 31 - 32 derajat celciusakan menghasilkan buaya jantan.


Back to Top